Senin, 14 Maret 2016

Cara dan Umpan Terbaik untuk Memancing Ikan Tawes di Sungai

Teknik memancing ikan Tawes yang benar – Ikan tawes yaitu satu diantara ikan favorite untuk pemancing air tawar, lantaran ikan tawes mempunyai daging yang kenyal serta sedikit lemak. Ikan ini adalah satu diantara ikan asli Indonesia terlebih pulau jawa, jadi nama latinnya yaitu Puntius Javanicus. Ikan tawes dalam habitat aslinya yaitu ikan yang berkembang biak di sungai serta rawa–rawa dengan tempat yang disenangi yaitu perairan dengan air yang jernih serta ada aliran air, mengingat ikan ini mempunyai karakter biologis yang memerlukan banyak oksigen. Bila diletakkan di air yang miskin oksigen ia dengan mudahnya mati. 

Cara dan Umpan Terbaik Memancing Ikan Tawes

Mancing ikan tawes memerlukan kesabaran mengagumkan. Ikan ini begitu peka, serta begitu kuat tarikannya. Ikan Tawes yaitu semacam ikan permukaan yang begitu sukai memburu benda-benda bergerak di permukaan air. Oleh karenanya, untuk memancingnya begitu tak dianjurkan memakai tehnik dasaran. 

Ikan tawes adalah ikan liar, walau saat ini juga telah dibudidayakan di kolam tetapi di sebagian tempat masihlah bisa didapati keberadaannya. Di alam, ikan ini umum diperoleh dengan alat tangkap jaring, ngesar, tuguk, jala serta alat tangkap trap yakni sengkirai. Ukuran yang paling banyak tertangkap di perairan sekitar pada 50-200 gr serta umum dikonsumsi dalam kondisi fresh. 

Bila umpan Tawes memakai cacing merah, laron, kotoran gemak/puyuh, bungkil atau pelet yang diramu serta di beri essen spesifik sih itu telah umum. Yang paling asik jika kita memakai umpan type daun-daunan. Tarikan serta rasa hentakannya sunguh mengagumkan. Daun-daunan yang paling banyak disenangi oleh Tawes yaitu rumput-rumputan, daun kacang panjang atau daun kacang hijau, lembayung muda, kangkung, bayam, daun rambatan, serta dapat pula memakai seuntai bulir padi. 


1. Umpan Rumput-rumputan : Jika kita menginginkan memakai rumput-rumputan, mencari rumput panjang (teki) yang ada ditengah sawah, tentukan yang lunak, serta yang terbagus yaitu rumput yang tumbuh di antara tanaman kacang tanah. Tentukan beberapa dipakai untuk Bom (rumpon pengundang gerombolan ikan Tawes), serta beberapa yang lain untuk umpan. 

Langkah menempatkan umpan Rumput-rumputan : 
  • Gunakan pelampung yang panjang supaya gampang dilempar 
  • tentukan senar yang lembut ukuran 10-15 lbs, 
  • Pakai timah lempengan supaya dapat ditempelkan diatas rangkaian pancing. 
  • Pakai pancing yang kecil, optimal ukuran 4-6. 
  • Gunakanlah rangkaian pancing tunggal. 
  • Gunakan rumput lewat cara dijepit dengan timah yang telah ditempelkan pada senar diatas rangkaian pancing, lalu lilit dengan bekas senar diatas pancing, serta paling akhir, pancing ditancapkan di ujung rumput. Disangka-kira penempatannya, janganlah sangat keujung, namun juga janganlah sangat ke tengah. 
  • Sesudah terangkai dengan baik, Lemparkan pancing ke arah bom. 
  • Tunggulah serta sekalian berdoa yang banyak supaya ikan selekasnya mengonsumsi umpan.
2. Umpan Daun-Daunan : Tricknya serupa dengan memakai umpan tawes rumput-rumputan, namun pemasangan umpannya tak serumit jika memakai rumput. Cukup daunnya dihubungkan ke pancing, serta tinggal lempar ke tujuan (bom). Jika memakai daun-daunan, baiknya rangkaian timah agak diperberat supaya gampang untuk melemparkan ke tujuan. 

3. Umpan Padi : Bila memakai umpan tawes dengan padi, pemasangannya serupa lewat cara menempatkan umpan rumput. Keuntungannya lantaran lebih berat hingga melemparnya jadi lebih gampang. Sedang padi yang diambil, harusnya yang telah diisi, namun tidaklah terlalu tua, lantaran gampang putus saat bakal dipasang. Tentukan untaian padi yang penuh, serta tidaklah terlalu panjang. 

Sekian beberapa teknik, umpan serta langkah terbaik untuk memperoleh ikan tawes. Mudah-mudahan berguna

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara dan Umpan Terbaik untuk Memancing Ikan Tawes di Sungai