Kamis, 08 Februari 2018

Resep Umpan Ikan Baung Sungai yang Terjitu

Apa itu ikan baung dan bagaimana cara memancingnya? Ikan baung adalah jenis ikan air tawar yang hidup di sungai dengan arus deras. Saat musim hujan tiba, ikan baung banyak bergerak ke hilir sungai. Ikan ini memiliki bentuk tubuh mirip dengan ikan lele dan patin. Ikan baung sangat populer di kalangan penggemar memancing karena tarikannya yang kuat dan memerlukan tenaga yang besar.


Untuk menangkap ikan baung, Anda memerlukan umpan yang tepat. Umpan yang paling cocok untuk ikan baung adalah yang berbau busuk dan kuat. Berikut adalah beberapa resep umpan ikan baung yang efektif dan mudah disiapkan:

  1. Umpan Ayam

Bahan yang dibutuhkan untuk umpan ikan baung dari ayam adalah potongan daging ayam atau usus, kuning telur bebek secukupnya, lemak sapi, dan kapas secukupnya. Caranya, potong kecil-kecil bahan yang sudah disiapkan lalu campurkan dengan kuning telur bebek. Kemudian masukkan ke dalam toples dan rapatkan tutupnya. Biarkan selama dua hari dan dua malam. Setelah itu, angkat toples dan tambahkan lemak sapi serta kapas. Aduk rata dan biarkan selama tiga hingga lima hari.

  1. Umpan Trasi

Umpan ikan baung yang berikutnya adalah trasi. Bahan yang diperlukan adalah trasi secukupnya, gula pasir, dan air matang. Caranya, campurkan trasi, gula pasir, dan air matang hingga tercampur rata. Umpan trasi dapat langsung digunakan saat sudah tercampur rata.

  1. Umpan Pelet Udang

Bahan-bahan yang diperlukan untuk umpan pelet udang adalah tepung pelet udang, tepung ikan, tepung jagung, dan air matang. Campurkan semua bahan hingga tercampur rata, kemudian aduk hingga membentuk adonan yang agak kental. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan biarkan hingga kering.

Selain resep umpan di atas, Anda juga bisa menggunakan umpan alami seperti cacing tanah, kroto, ulat daun pisang, atau laron. Namun, ingatlah untuk tidak menggunakan umpan yang terlalu besar agar tidak mengakibatkan kegagalan dalam menangkap ikan baung.

Kesimpulannya, menangkap ikan baung membutuhkan umpan yang tepat. Gunakan salah satu resep umpan di atas atau campurkan beberapa bahan untuk menciptakan umpan yang cocok untuk ikan baung. Selamat memancing ikan baung!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Umpan Ikan Baung Sungai yang Terjitu