Rabu, 11 April 2018

Cara Mudah dan Murah Menyambung Joran Patah: Langkah-langkah Praktis yang Perlu Anda Ketahui

Jika joran anda patah, ini yang harus dilakukan. Pasti muncul pertanyaan, bagaimana caranya melakukan perbaikan joran yang patah? Pertanyaan ini keluar saat joran kesayang kita patah. Joran dengan harga yang mahal pastinya akan sangat mengesalkan apabila harus di buang, serta tentunya kita akan berupaya untuk memperbaikinya. Terlebih bila joran itu adalah joran kesayang serta penuh dengan pengalaman.

 Langkah Mambuat Sambungan serta Menyambung Joran untuk Mancing

Terlebih untuk caster freshwater, yaitu di sungai, rawa ataupun danau bahkan juga pemancing kolam banyak lebih sukai buat joran sendiri. Pastinya kenikmatan saat strike ikan semakin lebih yakin diri serta senang saat joran itu buatan sendiri.

Tetapi blank joran yang nyaris atau lebih dari dua mtr. pastinya juga akan merepotkan waktu dibawa. Terlebih bila memakai motor serta spot beralih geser. Oleh karena itu joran biasanya di buat dengan jenis sambung dua atau lebih. Selalu seperti mana langkah buat sambungan joran.

Membuat sambungan joran memanglah sulit susah mudah, saat kita temukan blank joran yang pas serta cocok pastinya semakin lebih mempermudah kita dalam buat sambungan.

Di bawah ini adalah tiga type sambungan joran yang bisa anda bikin serta umum dipakai beberapa pemancing dan dibarengi keteranganya. bila anda memiliki penjelasa penambahan dapat anda berikan pada komentar.

Langkah Pertama

Yang pertama mari kita saksikan sambungan joran nomor satu. Bila anda bisa temukan blank yang satu diantara ujung blank bisa dimasukan ke blank joran lainnya untuk sisi sambungan, anda bisa buat sambungan jenis ini.

Kuncinya, yang perlu satu diantara blank joran bisa masuk saja, minimum tiga cm. bila cuma kurang sedikit saja, anda bisa mengamplas joran itu. Yang di amplas sisi joran yang di input ya. Karna bila sisi dalam blank yang di masuki blank beda yang di amplas, kemampuan joran juga akan menyusut.

Selalu bagaimana bila kendor? Bila kendor anda bisa mengatasinya dengan cukup gampang.

janganlah lupa berikan cincin besi pada ujung sambungan, supaya tidak gampang pecah. Bila kesusahan mencari cincin besi, anda bisa melilitkan benang pe mengelilingi blank joran serta mengelemnya memakai lem yang kuat atau lem epoxy.

Langkah Kedua

Langkah ke-2 saksikan pada gambar nomor dua. Langkah tersebut umunya dipakai untuk menyambung joran yang ke-2 blank yang juga akan di sambung sama besar. sisi warna hitam yang ditunjuk anak panah warna biru adalah shock.

Shock dapat anda bikin dari blank joraan yang ukuranya bisa masuk kedalam ke-2 blank itu. Anda dapat juga buat shock diluar atau memakai blank yang semakin besar. tetapi beberapa pemancing biasanya lebih pilih shock sisi dalam. Sambungan ini dapat juga dipakai untuk menyambung joran yang patah.

Janganlah lupa, bila shocknya dibagian dalam, berikan ke-2 blank itu cincin besi atau sekurang-kurangnya lilitan penang pe yang di lem dengan kuat supaya blank joran tidak pecah.

Langkah ketiga

Untuk anda yang buat joran dengan blank fiber atau blank solid lainnya, anda bisa memakai shock dibagian luar memakai blank yang berlubang. Tetapi biasanya, joran dari fiber memakai joint shock yang terbuat dari besi atau alumunium.

Joint shock bisa anda beli di toko pancing atau tempat penjualan bahan custom rod. Joint shock mempunyai kelbihan tidak gampang terlepas atau lebih aman, karna joint shock memakai drat atau baut pada sambunganya. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mudah dan Murah Menyambung Joran Patah: Langkah-langkah Praktis yang Perlu Anda Ketahui